Final Project Competition 2023 Kembali Hadirkan Berbagai Inovasi Mahasiswa PENS

Lamongan, pens.ac.id – Final Project Competition (FPC) kembali dihelat secara meriah oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) baik di kampus pusat maupun di kampus PSDKU Lamongan dan PSDKU Sumenep. Kegiatan tahunan ini berhasil menghadirkan 608 peserta dari jenjang Magister Terapan, Sarjana Terapan, dan D3 PENS yang dengan antusias memamerkan inovasi terbaiknya. Terhitung mulai dari Senin hingga Rabu (19-21/6), Ruang Auditorium lt.6, Lobi lt.7, dan Lobi lt.8 Gedung Pascasarjana PENS menjadi tempat kompetisi tersebut berlangsung. Selain itu, terdapat tiga mahasiswa di setiap program studi yang diumumkan sebagai juara dengan inovasi terbaiknya. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang persaingan sehat bagi para mahasiswa, tetapi juga merupakan bentuk apresiasi kampus terhadap berbagai inovasi yang telah dihasilkan.

Kegiatan FPC ini usai dilaksanakan selama 3 hari, terdiri dari 2 hari pameran serta 1 hari penganugerahan. Pada hari pertama, terdapat 385 peserta dari jenjang Magister Terapan dan Sarjana Terapan. Pada hari tersebut, Dr. Ir. Kiki Yuliati M.Sc selaku Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (kemendikbudristek) Republik Indonesia, serta Ali Ridho Barakbah S.Kom, Ph.D., selaku Direktur PENS turut hadir untuk menyaksikan berbagai inovasi luar biasa yang telah dibuat oleh peserta. Di hari berikutnya, jenjang Diploma 3 tak mau kalah dalam memamerkan inovasi terbaiknya dengan jumlah peserta 223. Para peserta berlomba-lomba untuk menjelaskan hasil riset yang telah dikaji dengan baik kepada para juri yang bertugas. PENS telah menyiapkan 30 juri untuk menilai hasil inovasi yang telah dibuat.

Puncak dari serangkaian kegiatan tersebut terlihat dalam penganugerahan sekaligus penutupan FPC ini. Tiga pemenang dari setiap program studi dipilih dengan matang oleh juri setelah melewati berbagai macam spesifikasi penilaian. Tentunya, ketiga pemenang sangat bangga dengan hasil kerja keras dalam menelaah ilmu demi menghasilkan sebuah inovasi cemerlang selama berkuliah di PENS. Penampilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Musik dan penampilan Disc Jockey (DJ) berhasil menambah semarak kegiatan. Kemeriahan ini terlihat dari antusias para hadirin saat menyaksikan penampilan tersebut. “Dengan berakhirnya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat dan peserta,” ujar Novian Fajar Satria S.ST., M.T. selaku Kepala Unit Minat Bakat dan Organisasi Mahasiswa PENS.

Leave a Comment